Partai PNA Resmi Buka Pendaftaran Balon Legislatif DPRA dan DPRK

20230119-aa6317dd-e6c5-4a1c-9f27

Partai Naggroe Aceh (PNA) resmi membuka pendaftaran bakal calon legislatif  Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK), menggunakan sistem proporsional terbuka hingga 18 April 2023.

Pendaftaran tersebut dibuka langsung oleh Ketua Umum Partai PNA, Irwandi Yusuf, di Hermes Hotel Banda Aceh, pada Kamis 19 Januari 2023.

“Kita berharap pemilu tahun 2024 mendatang, PNA masih menggunakan sistem porprosional terbuka dan jujur,” kata Irwandi.

Sebab, kata Irwandi, selain mencegah oligarki partai politik, sistem ini juga untuk menjaga seseorang yang terpilih mengakar ke rakyat dan bukan yang dekat dengan pimpinan partai politik.

Tapi banyak yang menyebutkan sistem ini mengakibatkan biaya politok tinggi karena persaingan antar calon, bahkan kerap dikaitkan dengan politik uang. Namun PNA menilai politik uang tersebut tidak berasal dari sistem pemilu.

“Ini bukan dari sistem pemilu, tapi pada budaya politik masyarakat dan elit kita sekarang,” tambahnya.

Sementara itu, Irwandi menyebutkan untuk perekrutan bakal calon (balon) anggotaegislatif, PNA membuat peraturan organisasi nomor 5 tahun 2023 tentang tata cara pencalonan anggota legislatif DPRA dan DPRK, untuk memberikan arah pada anghota perekrutan.

“Balon harus memenuhi syarat umum dan dia mampu, memiliki elektabilitas yang tinggi dan bekerja untuk masyarakat,” ungkapnya.

Posted in

Baca Juga